.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3); -webkit-transform: scale(1.3); }
zona pengetahuan

ADVERTISEMENT


" border="0"/>

asalamualaikum wrb

welcome to indonesiapunyaa.blogspot.com


mohon kritik dan saran untuk website "indonesiapunyaa.blogspot.com

Wednesday, December 19, 2012

peluang usaha bisnis nasi bakar



Nasi bakar disebut juga nasi buri dalam bahasa Sunda. Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar diatas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api. (Catatan penting: It is baked, not burnt. Kalau burnt & hangus bisa menjadi karsinogen – pemicuh kanker lho).
Nasi bakar begitu dibuka dari bungkusnya mempunyai aroma khas yang membuat orang lapar menelan ludah. Kalau disuapkan ke mulut dan dikunya perlahan-lahan, rasanya lebih legit, lebih wangi dan lebih enak daripada nasi biasa. Kalau tidak percaya, silahkan mencoba sendiri !!!
Nasi bakar mulai terdengar sejak tahun 2000. Beberapa orang baru kali ini membaca atau mendengarnya. Kapan pertama kali produk ini diluncurnya, itu tidak tercatat dalam sejarah kuliner Indonesia.Yang jelas nasi itu identik dengan makanan pokok khas Indonesia (can’t live without it). Sekarang nasi bakar mulai banyak ditemui di kota Bandung dan Jakarta. Ini menjadi makanan khas yang ‘Indonesia banget’. Jadi bolehlah dengan bangga, kita perkenalkan kepada yang belum mencoba atau orang asing.


Resep Nasi Bakar
Bahan:
500 gr       beras, cuci, tiriskan
½ sdm      garam
3 lbr          daun salam
2 btg         sereh
600 ml      santan
50 gr         bawang merah iris
1 sdt         kaldu bubuk
6 sdm       minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan Tumisan:
150 gr       daging ayam, potong dadu
100 gr       teri medan, cuci, goreng
3 bh          bawang putih
2 bh          cabe hijau, iris serong
2 bh          cabe merah besar, iris serong
4 bh          cabe rawit merah, iris serong
1 btg         daun bawang, iris kasar
1  sdt        garam
1 sdt         gula pasir
100 ml      air
1 sdt         kaldu bubuk
4 sdm       minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:
-          Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
-          Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.
-          Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan.

No comments:

Post a Comment

advertise tengah

tambahkan ke google +

trafic pengunjung

Grafik tayangan laman Blogger

Mengenai Saya

My photo

jalanin semua dengan apa adanya biar lakh waktu bicara  dengan semua nya

traffic pengunjung


widget

google translate

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

gabung yuk

headline news