.post img:hover { -o-transition: all 0.3s; -moz-transition: all 0.3s; -webkit-transition: all 0.3s; -moz-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3); -webkit-transform: scale(1.3); }
zona pengetahuan

ADVERTISEMENT


" border="0"/>

asalamualaikum wrb

welcome to indonesiapunyaa.blogspot.com


mohon kritik dan saran untuk website "indonesiapunyaa.blogspot.com

Tuesday, January 8, 2013

Magelang Juga Punya Mobil Esemka

Beberapa hari belakangan ini, mobil buatan anak-anak SMK atau yang biasa disebut mobil esemka kembali ramai diperbincangkan. Tidak hanya oleh masyarakat akar rumput, mulai dari walikota, gubernur, menteri negara sampai anggota DPR-pun seolah-olah tak mau ketinggalan ngobrolin mobil esemka ini.

Kalau kita menengok ke belakang, sebenarnya mobil esemka ini sudah lahir semenjak tahun 2009. Seingat saya di jaman Menteri Pendidikan masih dijabat oleh bapak Bambang Sudibyo, di televisi mulai sering kita lihat iklan layanan masyarakat untuk bersekolah di SMK dengan slogan ‘SMK Bisa!’. Selain mobil, ada juga produk lain yang juga melibatkan tangan-tangan terampil anak SMK yaitu laptop dan juga LCD Proyektor.
Memang, apabila dibandingkan dengan sekolah umum (SMA) anak-anak SMK memang lebih siap untuk terjun langsung di dunia kerja. Selain karena mereka sudah disiapkan sedari awal untuk siap kerja, mereka juga dibekali berbagai macam keahlian dan keterampilan pendukung yang cukup. Tak heran, muncul produk-produk teknologi yang ternyata adalah produksi anak-anak SMK.
Nama mobil esemka mulai bergaung kembali setelah pak Jokowi, walikota Surakarta, mendeklarasikan mobil Kiat Esemka sebagai mobil dinas untuk beliau dan wakilnya. Keputusan pak Jokowi ini langsung mendapatkan berbagai respon dari masyarakat sampai dengan pejabat. Ada yang mendukung dan mengikrarkan diri untuk ikut memesan mobil esemka sampai dengan yang terang-terangan bersikap anti maupun berpandangan negatif terhadap mobil esemka.
Tidak adil rasanya apabila kita membandingkan mobil esemka dengan mobil bermerk terkenal produksi Jepang maupun Eropa. Selain kalah teknologi, mobil esemka juga tentunya masih benar-benar belia dan belum bisa diproduksi secara massal dalam waktu yang singkat. Kebangkitan industri otomotif lokal yang dimotori oleh anak-anak SMK inilah yang sebenarnya perlu kita dukung. Jangan sampai di saat industri ini tumbuh, ketersediaan bahan baku industri menjadi hambatan, pengurusan ijin kelayakan jalan dipersulit dan juga bombardir serangan dari industri-industri besar yang lebih dulu mapan berdiri.
.
Mobil Esemka di Kota Magelang
Photobucket
Saking asyiknya membicarakan mobil esemka di daerah lain, kita lupa bahwa Kota Magelang juga telah memiliki mobil esemka. Berawal dari prestasi Kota Magelang di bidang Iptek maka BPPT menghadiahi Kota Magelang mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional) produksi Tegal. Kerjasama dengan BPPT-pun berlanjut, selanjutnya Pemkot Magelang melalui Kantor Litbang Statistik menggandeng SMKN 1 dan Karoseri Agustus untuk memproduksi prototype mobil yang sesuai dengan karakteristik sosial geografis Magelang.
Prototype mobil pintar (smart car) yang diberi nama Spyder ini memiliki kapasitas tangki 500 CC dan bentuk fisik menyerupai Hammer double cabin. Dengan sentuhan warna body cat bakar warna merah Ferrari, Spyder terlihat macho walaupun ukurannya lebih kecil apabila dibandingkan dengan Hammer asli.
Akankah Spyder diwujudkan menjadi mobil ‘beneran’ dan diproduksi secara massal? Kita tunggu saja… :)
.
sumber foto : fb Kantor Litbang dan Statistik Kota Magelang
*Tulisan lama yg tersimpan dalam draft sejak 16 Januari 2012 dan baru sempat di-publish sekarang :)

No comments:

Post a Comment

advertise tengah

tambahkan ke google +

trafic pengunjung

Grafik tayangan laman Blogger

Mengenai Saya

My photo

jalanin semua dengan apa adanya biar lakh waktu bicara  dengan semua nya

traffic pengunjung


widget

google translate

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

gabung yuk

headline news